Evaluasi Verval Data DTKS dan Data Sidompu

Sering kali kita mendengar cerita-cerita di masyarakat atau membaca di medsos bahwa penerima Bansos, BPNT, PKH, BLT DD dan lain-;ain tidak tepat sasaran. Cerita-cerita ini tidak sepenuhnya benar, karena sebagian besar para penerima tersebut memang sudah layak untuk mendapatkan bantuan-bantuan tersebut. Hanya saja memang masih ada barangkali orang-orang yang seharusnya menerima tapi tidak menerima, karena belum atau tidak terdata dalam Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Dalam rangka menyajikan data yang lebih valid/dapat dipercaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Sosisal P3AKB melakukan Evaluasi Verval Data DTKS dan SIDOMPU di Kabupaten Sanggau.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan dua tahap, Tahap pertama dilaksanakan di Kecamatan Balai Senin 29 November 2021 yang diikuti oleh seluruh Desa tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Balai, Toba, Tayan Hilir, Meliau, Tayan Hulu, Parindu dan Mukok. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Sanggau apak Drs. Yohanes Ontot, M. Si, Kepala Dinsos P3AKB bersama Kepala Bidang, Kasi dan staf, TKSK, Kepala Desa, para operator SIKNG Desa/Operator SIDOMPU Desa.

Tahap kedua akan dilaksanakan di Kecamatan Kembayan Kamis 2 Desember 2021 dengana peserta Seluruh Kepala Desa, TKSK Kecamatan Kembayan, Beduai, Sekayam, Noyan, Entikong, Jangkang, Kapuas dan Kecamatan Bonti

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau menyampaikan perlunya data yang baik/valid sehingga dapat digunakan untuk mengambil kebijakan yang tepat. Data yang salah dapat mengakibatkan pengambilan kebijakan yang tidak tepat. Selain itu beliau juga menginatkan tugas dan fungsi kepala desa dan Camat. Camat harus mampu menerima, melaksanakan dan mengamankan kebijakan.

Sementara itu Kepala Dinsos P3AKB dalam sambutannya menyampaikan berharap SIDOMPU yang merupakan aplikasi hasil diklat PIM II (Proyek Perubahan/Proper) saat beliau mengikuti Diklat PIM II berharap agar Aplikasi ini dapat menjadi Database kependudukan di Kabupaten Sanggau. ###29112021phg###

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *